Jumat, 05 Oktober 2018


SESSION 7&8
Ø  Chapter Objective

1.      Describe a business model.
Adalah suatu model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya.

2.      Explain business model innovation.
Inovasi bisnis model adalah mengembangkan sesuatu yang baru, dan unik. Biasanya inovasi bisnis model mendapat lebih banyak profit, dan bisa lebih lama bertahan di bidang bisnis jika berbasis teknologi dan terus berinovasi seiring waktu.
3.      Discuss the importance of having a clearly articulated business model.
Memfokuskan perhatian pada bagaimana semua elemen bisnis cocok dan merupakan keseluruhan yang berfungsi. Dan memperkirakan apakah bisnis ini layak untuk diajak bekerja sama, dan untuk perencanaan bisnis tersebut kedepannya.
4.      Discuss the concept of the value chain.

·         Kegiatan Utama
Kegiatan utama berhubungan langsung dengan penciptaan fisik, penjualan, pemeliharaan, dan dukungan produk atau layanan. Mereka terdiri dari yang berikut:
-          Inbound logistics = Proses yang terkait dengan penerimaan, penyimpanan, dan distribusi input secara internal.
-          Operation = Kegiatan transformasi yang mengubah input menjadi output yang dijual kepada pelanggan. Di sini, sistem operasional menciptakan nilai.
-          Outbound logistics = Aktivitas ini mengirimkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan, seperti sistem pengumpulan, penyimpanan, dan distribusi, dan mereka mungkin internal atau eksternal untuk organisasi Anda.
-          Pemasaran dan penjualan = Proses untuk membujuk klien agar membeli dari Anda, bukan dari pesaing Anda. Manfaat yang Anda tawarkan, dan seberapa baik mengomunikasikannya, adalah sumber nilai di sini.
-          Layanan = Ini adalah kegiatan yang berkaitan dengan mempertahankan nilai produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda, setelah dibeli.

·         Mendukung Kegiatan

Aktivitas ini mendukung fungsi utama di atas. Dalam diagram, garis putus-putus menunjukkan bahwa setiap dukungan, atau sekunder, aktivitas dapat memainkan peran dalam setiap aktivitas utama. Misalnya, pengadaan mendukung operasi dengan kegiatan tertentu.

-          Pengadaan (pembelian) = Apa yang organisasi lakukan untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk beroperasi termasuk mencari vendor dan menegosiasikan harga terbaik.
-          Manajemen sumber daya manusia = Ini tentang seberapa baik perusahaan merekrut, menyewa, melatih, memotivasi, penghargaan, dan mempertahankan para pekerjanya.
-          Pengembangan teknologi = Mengelola dan memproses informasi, serta melindungi basis pengetahuan perusahaan. Meminimalkan biaya teknologi informasi, tetap mengikuti perkembangan teknologi, dan mempertahankan keunggulan teknis adalah sumber penciptaan nilai.
-          Infrastruktur = Sistem pendukung perusahaan, dan fungsi yang memungkinkannya mempertahankan operasi harian. Akuntansi, hukum, administrasi, dan manajemen umum adalah contoh infrastruktur yang diperlukan yang dapat digunakan bisnis untuk keuntungan mereka.

5.      Identify a business model’s two potential fatal flaws.
-          Salah dalam membaca pelanggan = Jika tidak membaca dan memahami pelanggan, bisnis tidak akan berjalan dengan benar.
-          Ekonomi sedang tidak sehat = Jika ekonomi sedang tidak sehat atau bahkan sedang tidak stabil, ini juga bisa menjadi kesalahan fatal yang akan mempengaruhi bisnis.

6.      Identify a business model’s four major components.
-          Core Strategy = Misi bisnis, ruang lingkup produk pasar, dan dasar untuk diferensiasi.
-          Strategic resources = Kompetensi inti, aset strategis.
-          Partnership network = Pemasok, mitra, dll.
-          Customer interface = Target pelanggan, pemenuhan dan dukungan, struktur harga.

7.      Explain the meaning of the term business concept blind spot.
Business concept blind spot adalah menyempitkan fokus yang menghalangi perusahaan untuk melihat peluang yang mungkin cocok dengan model bisnisnya. Agar pesaing tidak bisa menandingi bisnis kita.
8.      Define the term core competency and describe its importance.
Kompetensi inti adalah sumber daya atau kemampuan yang berfungsi sebagai sumber keunggulan kompetitif perusahaan. Lalu bisa memfasilitasi pengembangan strategi, dan mendorong inovasi.




9.      Explain the concept of supply chain management.
Adalah manajemen aktif dari kegiatan rantai pasokan untuk memaksimalkan nilai pelanggan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Ini merupakan upaya oleh perusahaan untuk mengembangkan dan menjalankan rantai pasokan dengan cara yang paling efektif & efisien. Kegiatan ini mencakup semuanya mulai dari pengembangan produk, sumber, produksi, dan logistik, serta sistem informasi yang diperlukan untuk mengkoordinasikan kegiatan ini.
Konsep Supply Chain Management (SCM) didasarkan pada dua ide inti:
-          Pertama adalah hampir setiap produk yang mencapai pengguna akhir mewakili upaya kumulatif dari beberapa organisasi. Organisasi-organisasi ini disebut secara kolektif sebagai rantai pasokan.
-          Kedua adalah bahwa sementara rantai pasokan telah ada untuk waktu yang lama, sebagian besar organisasi hanya memperhatikan apa yang terjadi dalam "empat dinding" mereka.

10.  Explain the concept of fulfillment and support.
Pemenuhan dan dukungan menggambarkan cara produk atau layanan perusahaan menjangkau pelanggan. Ini juga mengacu pada saluran yang digunakan perusahaan dan tingkat dukungan pelanggan. Jadi jika pelanggan memberikan dukungan penuh terhadap ide bisnis, bisa menjadi potensi besar untuk kelancaran bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar