SESSION 7&8
Ø
Chapter
Objective
1.
Describe
a business model.
Adalah
suatu model bisnis menggambarkan
pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan
menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai
lainnya.
2.
Explain
business model innovation.
Inovasi bisnis model adalah mengembangkan
sesuatu yang baru, dan unik. Biasanya inovasi bisnis model mendapat lebih
banyak profit, dan bisa lebih lama bertahan di bidang bisnis jika berbasis
teknologi dan terus berinovasi seiring waktu.
3.
Discuss
the importance of having a clearly articulated business model.
Memfokuskan perhatian pada bagaimana
semua elemen bisnis cocok dan merupakan keseluruhan yang berfungsi. Dan memperkirakan
apakah bisnis ini layak untuk diajak bekerja sama, dan untuk perencanaan bisnis
tersebut kedepannya.
4.
Discuss
the concept of the value chain.
·
Kegiatan
Utama
Kegiatan utama berhubungan
langsung dengan penciptaan fisik, penjualan, pemeliharaan, dan dukungan produk
atau layanan. Mereka terdiri dari yang berikut:
-
Inbound logistics = Proses yang terkait dengan
penerimaan, penyimpanan, dan distribusi input secara internal.
-
Operation = Kegiatan transformasi yang
mengubah input menjadi output yang dijual kepada pelanggan. Di sini, sistem
operasional menciptakan nilai.
-
Outbound logistics = Aktivitas ini mengirimkan
produk atau layanan Anda kepada pelanggan, seperti sistem pengumpulan, penyimpanan,
dan distribusi, dan mereka mungkin internal atau eksternal untuk organisasi
Anda.
-
Pemasaran dan penjualan = Proses untuk membujuk klien
agar membeli dari Anda, bukan dari pesaing Anda. Manfaat yang Anda tawarkan,
dan seberapa baik mengomunikasikannya, adalah sumber nilai di sini.
-
Layanan = Ini adalah kegiatan yang
berkaitan dengan mempertahankan nilai produk atau layanan Anda kepada pelanggan
Anda, setelah dibeli.
·
Mendukung
Kegiatan
Aktivitas ini mendukung fungsi
utama di atas. Dalam diagram, garis putus-putus menunjukkan bahwa setiap
dukungan, atau sekunder, aktivitas dapat memainkan peran dalam setiap aktivitas
utama. Misalnya, pengadaan mendukung operasi dengan kegiatan tertentu.
-
Pengadaan (pembelian) = Apa yang organisasi lakukan
untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk beroperasi termasuk mencari
vendor dan menegosiasikan harga terbaik.
-
Manajemen sumber daya manusia = Ini tentang seberapa baik
perusahaan merekrut, menyewa, melatih, memotivasi, penghargaan, dan mempertahankan
para pekerjanya.
-
Pengembangan teknologi = Mengelola dan memproses
informasi, serta melindungi basis pengetahuan perusahaan. Meminimalkan biaya
teknologi informasi, tetap mengikuti perkembangan teknologi, dan mempertahankan
keunggulan teknis adalah sumber penciptaan nilai.
-
Infrastruktur = Sistem pendukung perusahaan,
dan fungsi yang memungkinkannya mempertahankan operasi harian. Akuntansi,
hukum, administrasi, dan manajemen umum adalah contoh infrastruktur yang
diperlukan yang dapat digunakan bisnis untuk keuntungan mereka.
5.
Identify
a business model’s two potential fatal flaws.
-
Salah
dalam membaca pelanggan = Jika tidak membaca dan memahami pelanggan, bisnis
tidak akan berjalan dengan benar.
-
Ekonomi
sedang tidak sehat = Jika ekonomi sedang tidak sehat atau bahkan sedang tidak
stabil, ini juga bisa menjadi kesalahan fatal yang akan mempengaruhi bisnis.
6.
Identify
a business model’s four major components.
-
Core
Strategy = Misi bisnis, ruang lingkup produk pasar, dan dasar untuk
diferensiasi.
-
Strategic
resources = Kompetensi inti, aset strategis.
-
Partnership
network = Pemasok, mitra, dll.
-
Customer
interface = Target pelanggan, pemenuhan dan dukungan, struktur harga.
7.
Explain
the meaning of the term business concept blind spot.
Business
concept blind spot
adalah menyempitkan
fokus yang menghalangi perusahaan untuk melihat peluang yang mungkin cocok
dengan model bisnisnya. Agar pesaing tidak bisa menandingi bisnis kita.
8.
Define
the term core competency and describe its importance.
Kompetensi inti adalah sumber
daya atau kemampuan yang berfungsi sebagai sumber keunggulan kompetitif
perusahaan. Lalu bisa memfasilitasi pengembangan strategi, dan mendorong
inovasi.
9.
Explain
the concept of supply chain management.
Adalah manajemen aktif dari
kegiatan rantai pasokan untuk memaksimalkan nilai pelanggan dan mencapai
keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Ini merupakan upaya oleh perusahaan untuk
mengembangkan dan menjalankan rantai pasokan dengan cara yang paling efektif
& efisien. Kegiatan ini mencakup semuanya mulai dari pengembangan produk,
sumber, produksi, dan logistik, serta sistem informasi yang diperlukan untuk
mengkoordinasikan kegiatan ini.
Konsep
Supply Chain Management (SCM) didasarkan pada dua ide inti:
-
Pertama
adalah hampir setiap produk yang mencapai pengguna akhir mewakili upaya
kumulatif dari beberapa organisasi. Organisasi-organisasi ini disebut secara
kolektif sebagai rantai pasokan.
-
Kedua
adalah bahwa sementara rantai pasokan telah ada untuk waktu yang lama, sebagian
besar organisasi hanya memperhatikan apa yang terjadi dalam "empat
dinding" mereka.
10.
Explain
the concept of fulfillment and support.
Pemenuhan dan dukungan
menggambarkan cara produk atau layanan perusahaan menjangkau pelanggan. Ini
juga mengacu pada saluran yang digunakan perusahaan dan tingkat dukungan
pelanggan. Jadi jika pelanggan memberikan dukungan penuh terhadap ide bisnis,
bisa menjadi potensi besar untuk kelancaran bisnisnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar